Bahan Bacaan dan Pengalaman TWK TIU TKP

Tes SKD CPNS 2023 Aloo guys
Maaf aku pasif beberapa hr ini
Alhamdulillah kmren sdh melalui SKD dengan hasil Alhamdulillah juga (lolos passing grade)
Fr dari aku mungkin mirip dengan teman-teman lainnya, tp gpp lah ya aku juga pnya crt sendr :)
TWK adalah maut bngt bagi aku, dsni Aku sendr g nyangka bisa lolos TWK nya krena soalnya panjang-panjang, opsinya mirip-mirip, tokoh" penting di aku hampir keluar semua, basindonya lumayan dia nnya arti komitmen dalam narasi di atas, terus aku dpt ide pokok juga, dpt kesalahan kalimat terus disuruh perbaiki yg bner gmn, sisanya adalah implementasi sikap integritas, dll sesuai kisi-kisi.
Untuk TIU menurutku tergolong standar
Untuk figuralnya aku jrg dapatin di TO luar (pernh dpt tp aku lupa TO dmn)
Figuralnya itu cm 1 bangun datar yg didlmnya di isi ma perintilan buanyakkkk gambar. Aku dptnya sellu kelnjutannya gambarnya gmn. Gpernh dpt pertidaksamaan.
Untuk figuralnya itu dpt 9 soal, yg di ubah itu perintilan gambar. Ada yg di arsir, diputar searah jarum jam, dan bertmbh / berkurng sisinya. Untuk pecahan Alhamdulillah mudah. Aku dpt hubungan kalimat setara hmpir 4 / 5 dn itu opsinya mirip- mirip bngt. Aku juga dpt premis yg 3 kalimat itu hmpir 4 soal. Terus dpt soal yg lewat Kota A bisa ditempuh dengan b dan c itu 1 / 2 soal. Terus susunan duduk dpt 2 soal. Terus dpt tabel yg isinya jumlah siswa dlm 5 hari di kelas a, b, dn c itu dtnya mana kelas yg akan mendpt beasiswa (btw ini aku terpaksa g itung lagi krena waktu udh mkin tipis, jadi Aku cm kira - kira dilayar mana yg lbh bnyk), aku nembak 2 soal yg tersisa krena bner" ragu sama TWK ku.
Untuk TKP di aku lumayan setiap soal itukan ada materinya misalnya sosial budaya itu ada Kata" lagi (kolaborasi) trs ntr tentng teknologi itu Kata "nya (adaptasi) mnurutku ini sangat membantu. Aku pake cara lngsng Baca opsi lngsng srapat sruput. Kalo opsinya mirip" bru Aku Baca soal. Alhamdulillah itu sangat membantu. Aku bisa menyelesaikan TKP dalam waktu 34 mnit.
Menurutku intinya itu selain hrs betul" bljr kita jga hrs nyiapin mental (ini pertama kalinya dlm hidupku ngerasain ky gini). Aku dtng ke tmpt tes itu msh gugup biasa aja. Aku masuk ruang steril Alhamdulillah dpt tmn, malah 90 menit isinya cm saling sharing kehidupan dluar. Masuk ruang tes Aku sdh lmyn berdebar. Ngerjain udh dengan kondisi tangan dan kaki ku dingin dn kepalaku panas poll. Mkin menyisit waktu aku cm bner" milih jwbn dengan sholawat sambl berdoa semoga ini jwbnnya. Sesudah selesai ngerjain dsruh isi kuesioner dl ( aku isi dalam keadaan tngnku gemeter bngt dn aku bner" g karuan rasa bngt) selesai submit kuesioner lngsng teng nilainya keluar. Dsruh tulis nilainya di kertas ujian kita (AKU SUSAH BNGT NULIS KRENA SAKING GEMETERNYA TNGNKU). keluar nilainya ucap syukur dn lngsng nngis krena g nyangka Alhamdulillah diksh lolos passing grade. Huhu, mdh"an bisa lolos perengkingan juga🫶. Semoga temn-teman bisa lolos jugaaa🙌🏻✨
izin fr juga, kurang lebih kyk fr2 sebelumnya. aku ngerasa soal twk nya gampang tp hasilku cmn 80 aja 🥹
twk
- full penalaran gada hapalan fix
- penerapan sikap tokoh2 trs implementasi di kehidupan sehari2
- kewenangan dan tugas lembaga2 negara, pres, mk, dpr sm ky seingetku dapat
- pasal dijelasin juga trs ditanya gmn implementasinya, gausa hapalin sih saranku
- pahami konsep dan bener2 pahamin apa yg diminta soalnya.. kadang jwbn yg keliatan bagus dan baik bgt ternyata bkn itu yg diminta. ini terbukti dari yg aku lakukan kmrin, malah gak maksimal 😭
tiu
- enak aja angka nya gk aneh, gada pangkat akar dll
- deret angka satuan sampe ratusan aja
- soal cerita duduk tapi persegi panjang 😭 ada 2 org di tiap sisi nya, dibaca bener2 ges aku ke gocek wkw
- ada soal rute2 juga
- soal cerita perbandingan senilai dan ga senilai gitu2
tkp
- di aku ngerasa bisa lgsg baca opsi, gausah baca soal udh cukup buat hemat waktu
- opsinya keliatan jelas 1 2 3 nya, cmn buat 4 5 nya harus jeli
minta doanya semoga aku lolos perankingan ges